Jumat, 19 Januari 2018

Softskill Komunikasi Bisnis

1.      Komunikasi yang terjadi diantara anggota organisasi atau perusahaan yang tata caranya telah disusun dalam struktur organisasi misal rapat kerja, konferensi adalah contoh dari komunikasi …
a.       Komunikasi nonformal
b.      Komunikasi formal
c.       Komunikasi informal
d.      Salah semua

2.      Serangkaian prinsip dasar atauu aturan komunikasi yang dilakukan dalam berbisnis merupakan definisi dari …
a.      Etika komunikasi
b.      Tujuan komunikasi
c.       Maanfaat komunikasi
d.      Komunikasi bisnis

3.      Berikut adalah bentuk hambatan komunikasi …
a.       Perbedaan persepsi dan bahasa
b.      Pendengar yang buruk
c.       Gangguan emosional
d.      Semua jawaban benar

4.      Salah satu sifat komunikator yang baik adalah memiliki kredibilitas, maksud dari kredibilitas adalah …
a.       Dapat memperkirakan bagaimana anda menerima pesan mereka
b.      Dapat memelihara hubungan yang bersahabat dan menyenangkan walaupun ada perbedaan
c.       Mereka dapat dipercaya, anda percaya pada isi pesan, informasi dan maksud baiknya
d.      Tidak ada jawaban yang benar

5.      Berikut merupakan proses komunikasi :
A.    Pengirim mengirimkan pesan
B.     Penerima menginterpretasikan pesan
C.     Pengirim mempunyai gagasan
D.    Penerima bereaksi dan mengirimkan umpan balik
E.     Pengirim pengubah gagasan menjadi pesan
F.      Penerima menerima pesan
Urutan proses komunikasi yang benar adalah :
a.       A-F-C-E-B-D
b.      C-E-A-F-B-D
c.       C-E-A-F-D-B
d.      A-F-C-E-D-B

6.      Kualitas dan kuantitas informasi dalam komunikasi bisnis sangat tergantung pada ..
a.      Iklim komunikasi
b.      Jenis organisasi
c.       Budaya perusahaan
d.      Tujuan organisasi

7.      Komunikasi adalah proses mengirimkan, menerima dan memahami gagasan dan perasaan dalam bentuk pesan verbal dan nonverbal secara disengaja/tidak sengaha. Definisi tersebut adalah pendapat dari
a.      Berko
b.      Steade
c.       Rossenblatt
d.      Reed sanderling

8.      Salah satu ciri pesan yang efektif dan jernih dengan pengertian ..
a.       Cermat menggunakan kata-kata
b.      Disajikan secara benar dan disajikan dengan bahasan yang sederhana
c.       Ditentukan bukan oleh panjang pesan melainkan pesan yang disampaikan
d.      Pesan yang bisa dipahami oleh mereka yang tingkat pendidikannya rendah sekalipun

9.      Keuntungan dari penyampaian pesan secara tertulis adalah …
a.       Tak berpikir soal tujuan komunikasi sehingga tidak merumuskan pesan yang akan disampaikan dan menetapkan khalayak yang menjadi sasaran
b.      Tak merancang dan menyampaikan pesan secara logis
c.       Dapat memanipulasi pesan sesuai keinginan
d.      Adanya peluang untuk mengontrol pesan

10.  Pengidentifikasian khalayak perlu dilakukan, agar dalam mengkomunikasikan pesan bisnis
a.       Mengetahui karakteristik khalayak
b.      Mudah dipahami
c.       Memudahkan perancangan pesan
d.      Salah semua

11.  Komunikasi menurut ruang lingkupnya dibagi menjadi 3, berikut yang tidak termasuk adalah
a.       Komunikasi vertical
b.      Komunikasi horizontal
c.       Komunikasi campuran
d.      Komunikasi diagonal

12.  Tujuan komunikasi dengan stakeholder eksternal adalah …
a.       Memperoleh keuntungan
b.      Mendapatkan dukungan modal
c.       Mendapatkan fasilitas
d.      Menjaga hubungan baik

13.  Fungsi komunikasi non-verbal adalah …
a.       Memperjelas relasi
b.      Membentuk kesan yang tidak mengarahkan komunikasi
c.       Menggantikan pesan lisan
d.      Menyampaikan pesan-pesan yang enak disampaikan secara lisan

14.  Usulan penyelenggaraan kegiatan yang merupakan komponen atau bagian dari suatu program disebut proposal …
a.      Kegiatan
b.      Teknis
c.       Program
d.      Kompetitif

15.  Pengertian komunikatior adalah …
a.       Orang yang menerima pesan
b.      Orang/lembaga yang mengirimkan pesan
c.       Salah satu komponen komunikasi yang menunjukkan respon yang diberikan oleh pihak lain
d.      Proses penyampaian pesan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar