Selasa, 28 November 2017

Cara Memperoleh Manfaat Dari Buku yang Kita Baca


 
1.      Kalau anda berharap untuk memperoleh manfaat sepenuhnya dari buku yang anda baca, ada satu syarat yang sangat diperlukan, satu hal yang jelas lebih penting dibandingkan dengan aturan atau teknik apa pun. Kecuali jika anda memiliki satu syarat mendasar ini, seribu aturan tentang bagaimana cara belajar akan memberi bantuan sedikit saja. Dan kalau anda memang mempunyai anugrah besar ini, maka anda bisa mencapai keberhasilan tanpa membaca saran apa pun untuk memperoleh manfaat sepenuhnya dari sebuah buku.
Apa syarat ajaib ini ? Hanya ini : hasrat belajar yang dalam dan bersemangat, satu ketetapan hati yang kokoh untuk meningkatkan kemampuan anda. Bagaimana anda bisa mengembangkan desakan seperti ini ? dengan terus mengingatkan diri anda betapa pentingnya prinsip ini bagi anda. Buat gambaran dalam diri anda bagaimana penguasaan terhadap prinsip tersebut akan membantu anda dalam menjalani kehidupan. Sampaikan pada diri anda berulang-ulang bahwa selama kita hidup kita tidak  lepas dari proses pembelajaran.

2.      Mula mula baca setiap bab dengan cepat untuk memperoleh pandangan sekilas dari buku tersebut. Anda mungkin akan tergoda untuk bergegas menuju bab berikutnya. Tapi jangan lakukan hal tersebut, kecuali jika anda membaca untuk hiburan. Tapi kalau anda membaca karena anda ingin meningkatkan pengetahuan anda, maka kembalilah dan baca setiap babnya secara seksama

3.      Sering-seringlah berhenti dalam membaca untuk memikirkan apa yang anda baca, bagaimana mengimplementasikan sebuah pengetahuan tersebut kedalam kehidupan sehari-hari anda.

4.      Baca dengan memegang pena, ballpoint atau stabilo ditangan anda. Apabila anda menemukan sebuah kalimat atau kata-kata yang penting untuk anda maka garis bawahi lah hal itu. Menandai dan menggaris bawahi buku membuatnya menjadi lebih menarik dan jauh lebih mudah untuk mengulangnya dengan cepat

5.      Cobalah untuk mengulang bacaan anda. Bilaanda ingin mendapat keuntungan yang nyata atau manfaat dari buku tersebut, jangan membayangkan bahwa menelusurinya dengan cepat satu kali sudah cukup. Setelah membacanya dengan seksama anda harus mengambil waktu beberapa saat di kemudian hari nya untuk membaca ulang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar