Sabtu, 07 Oktober 2017

Komunikasi Bisnis



KOMUNIKASI BISNIS
Softskill Pertemuan Ke-1.
-Deadline upload: 10 Oktober 2017-

NAMA       : Dhanang Eka P
KELAS      : 4EA35
MATERI:
·         Komunikasi Menurut Perilaku.
·         Komunikasi Menurut Kelangsungannya.
·         Komunikasi Menurut Penyampaiannya.
Kelompok 3:
1.      Agus Mulyana                   [10214502]
2.      Alfanitiah Pratiwi               [10214791]
3.      Anggy Diah Kusumawati   [11214263]
4.      Anita Oktaviani                 [11214319]
5.      Dhanang Eka Permana      [12214905]
6.      Joyfan Marolop                [15214717]
7.      Luvita Septin Qinapani      [16214204]
8.      Muhammad Bukhari         [17214139]
9.      Natalisa                            [17214823]
10.  Nurrohmah                       [18214240]
11.  Rahmita Putri                    [18214819]
12.  Rosdiana Octaviani           [19214810]
13.  Junia Mayang Puspita       [15214743]

Komunikasi bisnis
Komunikasi bisnis adalah pertukaran gagasan, pendapat, informasi, instruksi yang memiliki tujuan tertentu yang disajikan secara personal atau impersonal melalui simbol-simbol atau sinyal. Dalam komunikasi bisnis terdapat enam unsur pokok ,yaitu:
1)      Memiliki tujuan artinya komunikasi bisnis harus memiliki tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya sejalan dengan tujuan organisasi.
2)      Pertukaran: Dalam hal ini melibatkan paling tidak dua orang atau lebih yakni komunikator dan komunikasikan.
3)      Gagasan , opini , informasi, intruksi merupakan isi dari pesan yang bentuknya beragam tergantung tujuan ,situasi,dan kondisinya.
4)      Menggunakan saluran personal atau impersonal yang mungkin bersifat tatap muka,menggunakan media tertentu atau melalui media yang menjangkau jutaan orang ecara bersamaan.
5)      Menggunakan symbol atau sinyal yang merupakan alat atau metode yang dapat dimengerti atau dipahami oleh penerima untuk menyampaikan pesan.
6)      Pencapaian tujuan organisasi : salah satu karakteristik yang membedakan organisasi atau lembaga formal dari informasi adalah adanya tujuan yang telah ditetapkan sebelunya oleh manajemen.

Komunikasi Menurut Perilaku

Komunikasi merupakan hasil belajar manusia yang terjadi secara otomatis, sehingga dipengaruhi oleh perilaku maupun posisi seseorang.menurut perilaku, komun ikasi dapat dibedakan menjadi :
1.      Komunikasi formal
Komunkasi yang terjadi diantara anggota organisasi/perusahaan yang tata caranya telah disusun dalam struktur organisasinya, misalnya rapat kerja perusahaan, konferensi, seminar dan sebagainya.
2.      Komunikasi informal
Komunikasi yang terjadi didalam suatu organisasi atau perusahaan yang tidak ditentukan dalam struktur organisasi dan tidak mendapat pengakuan resmi yang mungkin tidak berpengaruh terhadap kepentingan organisasi atau perusahaan, misalnya kabar burung, desas-desus, dan sebagainya.
3.      Komunikasi nonformal
Komunkasi yang terjadi antara komunikasi yang bersifat formal dan informal, yaitu komunkasi yang berhubungan dengan pelaksanaan tugas pekerjaan organisasi, atau perusahaan dengan kegiatan yang bersifat pribadi anggota organisasi atau perusahaan tersebut, misalnya rapat tentang ulang tahun perusahaan, dan sebagainya.

    Maka dapat diketahui bahwa komunikasi formal, informal dan nonformal saling berhubungan, dimana komunikasi nonformal merupakan jembatan antara komunikasi formal dengan komunikasi informal yang dapat memperlancar penyelesaian tugas resmi, serta dapat mengarahkan komunikasi informal kepada komunikasi formal.

Komunikasi Menurut Kelangsungannya

Di dalam proses komunikasi dapat kita ketahui terjadinya interaksi dua belah pihak tersebut sebagai berikut:
1.      Komunikasi Langsung
Proses komunikasi dilaksanakan secara langsung tanpa bantuan perantara orang ketiga ataupun media komunikasi yang ada dan tidak dibatasi oleh jarak.
2.      Komunikasi Tidak Langsung
Proses komunikasi dilaksanakan dengan bantuan pihak ketiga atau bantuan alat-alat media komunikasi.

Komunikasi Menurut Penyampaiannya

Setiap orang pasti selalu berkomunikasi antara satu dengan yang lainnya karena manusia selain sebagai mahluk individu juga sekaligus sebagai makhluk sosial yang memiliki kebutuhan untuk berkomunikasi dengan sesamanya. Namun tidak semua orang dapat terampil dalam berkomunikasi. Oleh karena itu perlu dikenali berbagai cara penyampaian informasi. Seharusnya tidak terlalu sulit untuk mengenali cara-cara penyampaian informasi dalam komunikasi, karena pada dasarnya kita telah melakukannya di dalam kehidupan sehari-hari.
Menurut cara penyampaiannya, informasi dapat dibedakan menajadi 2 yaitu:
1.      Komunikasi Lisan
Yang terjadi secara langsung dan tidak dibatasi oleh jarak, dimana dua belah pihak dapat bertatap muka, misalnya dialog diantara 2 orang, wawancara, rapat, dan sebagainya.
Yang terjadi secara tidak langsung karena dibatasi oleh jarak, misalnya komunikasi lewat telepon, email, dan sebagainya.
2.      Komunikasi tertulis
Yang dialkukan dalam bentuk surat dan dipergunakan untuk menyampaikan berita yang sifatnya singkat, jelas tetapi dipandang perlu untuk ditulis dengan maksud-maksud tertentu.
Naskah, biasanya digunakan untuk menyampaikan berita yang bersifat komplek.
Blangko-blangko, digunakan untuk mengirim berita dalam suatu daftar.
Gambar dan foto, bila tidak dapat dilukiskan dengan kata-kata atau kalimat.
Spanduk, yang biasa digunakan untuk menyampaikan informasi kepada orang yang lebih banyak (massa).
Dalam berkomunikasi secara tertulis, sebaiknya dipertimbangkan maksud dan tujuan komunikasi itu dilaksanakan. Disamping itu perlu juga memikirkan resiko dari komunikasi secara tertulis itu, misalnya aman, dapat dipahami, dan menimbulkan pengertian yangberbeda dari yang dimaksud.

Sumber:
bab2-macam_macam_komunikasi.pdf – Adobe Reader


Tidak ada komentar:

Posting Komentar